Salut, Bhabinkamtibmas Bersama Lurah Dan Warga, Peduli Kebersihan Monumen Mandala Makassar

MAKASSAR – Sinergi Personil Bhabinkamtibmas Polsek Ujung Pandang bersama Lurah dan warga Kel. Baru Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, bergotong royong untuk membersihkan area halaman depan monumen atau tugu Mandala (Monumen Pembebasan Irian Barat), yang terletak di Jalan Jend. Sudirman Kota Makassar, Rabu (07/02/20)

Monumen atau tugu Mandala ini, merupakan salah satu destinasi yang dijadikan tempat wisata bersejarah. Lokasinya hanya 200 meter sebelah selatan titik nol kilometer Kota Makassar, Lapangan Karebosi, bersebelahan dengan Gedung Balai Prajurit Jenderal M. Yusuf.

loading...

Monumen Mandala merupakan bangunan atau tempat yang memiliki nilai sejarah yang penting. Dilansir dari laman panduanwisata.id, Monumen Mandala dibangun pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996. Pembangunan dengan tujuan untuk mengenang jasa pahlawan dalam pembebaskan Irian Barat dari tangan para penjajah sekaligus hadiah atas jasa mantan Presiden Indonesia yang ke-2 yaitu Soeharto.

Aiptu Haryanto, yang ditugaskan sebagai Bhabinkamtibmas Kel. Baru Kec. Ujung Pandang, mengatakan, kegiatan bersih – bersih ini, dilakukan sebagai bentuk kepedulian akan monumen bersejarah yang ada di Kota Makassar.

“Bagi kami masyarakat Kota Makassar, tugu ini merupakan tugu bersejarah dan tidak boleh kotor atau jorok,”ujar salah seorang warga sekitar monumen, yang turut serta membersihkan tugu.

“Giat bersih – bersih ini, adalah wujud kepedulian pemerintah setempat bersama Polri dan warga, dalam menjaga dan melestarikan salah satu monumen bersejarah negara kita, karena kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi”, imbuh Lurah Kel. Baru, Sdr. Soejarwo, S.Sos.

 

Laporan Supri   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *